Wednesday 11 May 2016

Gak Perlu Cape Ngejelasin Dirimu Ke Orang !

Kita punya kecenderungan menjelaskan...

Ya.. betul, kita punya kecenderungan menjelaskan kepada orang lain, mengapa kita melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Kenapa? Karena orang lain selalu kepo dengan apa yang kita lakukan. Dan bodohnya kita juga repot-repot mau ngejelasin ke orang-orang.

Kita sangat takut dinilai buruk oleh orang lain. Kita pengen selalu terlihat baik. Kita perlu ngasi tau ke banyak orang mengapa kita melakukan atau tidak melakukan sesuatu, agar mereka gak salah menilai kita. Kita haus penilaian positif dari orang. Kita cenderung menghindari prasangka negatif orang lain terhadap kita. Kita enggan dikritik, ogah dinilai jelek oleh orang lain. Karena penilaian itu bisa membuat kita merasa hancur dan tak berharga.

Kita perlu membangun citra yang baik, demi mempertahankan reputasi kita di depan orang banyak, meski yang kita tampilin itu palsu.


Apa kata Quotes?




NEVER EXPLAIN YOURSELF TO ANYONE
(Tak perlu cape ngejelasin dirimu ke orang lain)

YOU DON'T NEED ANYONE APPROVAL

(Kamu gak perlu persetujuan orang lain)

LIVE YOUR LIFE AND DO WHAT MAKE YOU HAPPY

(Nikmati hidupmu dan lakukan apa yang bikin kamu bahagia)



Kenapa harus ngejelasin ke orang lain?

Adalah hak kamu buat ngelakuin atau gak ngelakuin sesuatu. Kalo kamu sudah mutusin ya dijalanin aja. Orang lain pasti kepo dengan urusan kamu, itu udah tabiat manusia normal. 

Kenapa sih orang suka kepo?

(1) suka ngebandingin
  • Karena orang suka banget ngebandingin hidupnya dengan hidup orang lain. Bukankah rumput tetangga selalu lebih hijau dari rumput di halaman sendiri? Mereka bahagia kalo ada orang lain lebih menderita darinya dan super sirik kalo orang lebih bahagia, lebih sukses dan lebih berhasil darinya.
(2) supaya punya bahan obrolan.
  • Adalah tabiat manusia yang suka gosip dan menceritakan urusan orang ke orang lainnya lagi. Dengan gosip dia merasa dirinya penting karena tau kisah seseorang yang gak diketahui oleh orang lain. 
  • Kalo banyak orag bertemu di suatu tempat selain membicarakan diri sendiri, topik yang paling disenangi adalah membicarakan orang lain.
(3) memuaskan rasa ingin tau.
  • Kita suka bertanya alasan si A dan si B melakukan sesuatu, karena memang kita ingin tau. Kita adalah mahluk yang suka penasaran dengan sesamanya. Padahal tak ngurusin urusan orang pun kita tetap bisa hidup.
Kenapa harus ngejelasin apapun ke orang lain, bahkan saat mereka gak nanya? Kita gak butuh persetujuan orang lain untuk ngelakuin ato tidak ngelakuin sesuatu. Ini hidup kita, kitalah yang ngejalani. Peduli setan dengan pendapat orang.

Dengerin apa kata orang dan mempertimbangkan perasaan orang lain terutama keluarga itu bagus. Tapi keputusan tetap di tangan kita. Pertimbangan yang diberi orang lain hanya buat pelengkap aja.

Hiduplah seperti yang kamu inginkan. Kejarlah kebahagiaan dengan melakukan hal yang kamu senangi dan ingini dalam hidup. Tak perlu repot-repot menjelaskan ke orang, apalagi kalo mereka gak nanya. 

Jalani hari-harimu sebagaimana adanya. Lakukan yang terbaik menurutmu. Kejar impianmu dan buktikan pada dirimu sendiri bahwa kamu mampu lebih baik dari sebelumnya. Karena kebahagiaanmu adalah tanggung jawabmu.

Salam...

No comments:

Post a Comment