Thursday 26 May 2016

Kamu Jago Matematika Kok Bokek Melulu?

Jago matematika itu berkah


Mengapa?
Karena matematika tergolong pelajaran yang susah, banyak dibenci, guru-gurunya pada killer, banyak rumus yang mesti diapalin, pokoknya pelajaran momok yang hanya disukai segelintir murid. Tapi pelajaran ini adalah salah satu pelajaran utama yang kudu dipelajari mulai dari TK sampe kuliah. Pelajaran berhitung adalah wajib dipelajari, karena apapun yang kita kerjakan dalam hidup ini butuh perhitungan. Kalo gak belajar matematika ntar salah perhitungan lagi.

Jadi bagi mereka yang gak suka pelajaran ini terpaksa harus pasrah dan mencari strategi lain gimana supaya nilai matematikanya tinggi. Ada yang belajarnya dua kali lipat mesti tetap gak paham, ada yang rajin minjem catatan si pintar, ada juga yang gak punya cara lain selain nyontek.

Jadi kalo kamu kebetulan jadi segelintir manusia yang jago matematika, bersyukurlah. Artinya kamu dapat berkah agar bisa bermesraan dengan rumus, perkalian sama guru killer sekalipun. Harusnya hidupmu pun selamat dari kekurangan dan ketidakcukupan. Wong semuanya sudah dihitung, namanya juga jago matematika.

Tapi kok banyak juga jago matematika yang bokek?



Apa Kata Quotes?


LIVING ON LESS THAN YOU MAKE IS 
Hidup hemat adalah

A MATTER OF CONTROLLING YOURSELF
berhubungan dengan kontrol diri

NOT A MATTER OF MATH
gak ada urusannya sama matematika



Kenapa jago matematika sampe bokek?


(1) Karena bokek itu hak asasi.
  • Siapa aja boleh bokek, kalo mereka memilih untuk bokek. Bokek memang kasus yang gak menyenangkan tapi itu kenyataan yang harus diterima. Dia mungkin memang jago matematika tapi gak jago pelajaran lain. Akhirnya dia gak punya kerjaan tetap, kerja serabutan yang gajinya gak seberapa. Jadi sejago apapun dia kalo dia memilih untuk hidup pas-pasan ya.. tetap aja bokek. Mungkin aja dia bahagia dalam kebokekannya, minimal gak ada yang minta traktir karena tau kalo dia makan aja jarang kok.
  • Bokek itu pilihan guys... Kamu belanja lebih banyak dari gaji kamu pasti bokek.

(2) Karena bokek itu gak ada urusannya dengan matematika.
  • Udah baca quotes di atas kan? Bokek itu gak ada urusannya sama matematika tapi lebih ke kontrol diri. Kalo kamu gak bisa ngontrol nafsu belanjamu, gak bisa nahan-nahan diri buat jajan, gak sanggup bila gak ngutang, wajar kalo kamu bokek melulu.
  • Seberapa banyakpun duit yang kamu dapat kalo kamu gak atur, kamu gak kontrol pasti akan habis... ujung-ujungnya ya... bokek deh ! Kemampuan hitung-hitungmu jadi gak bermanfaat kalo kamu sekedar hitung, sekedar tau tapi ogah untuk mengikutinya. Kamu tau kalo besar pasak dari tiang bakalan susah, kamu tau kalo kebanyakan belanja uangmu bakalan habis, kamu udah ngitung berapa banyak penghasilanmu dan seberapa banyak yang bisa kamu manfaatkan. Tapi kamu GAK MAU mengikutinya.
  • Kamu tau tapi kamu gak mau mengikuti. Kamu udah ngitung di atas kertas tapi itu hanya sekedar tulisan, yang gak punya dampak apa-apa bagimu. Kamu sebenarnya tau kalo kamu gak ngikutin hitung-hitunganmu pasti bakal bokek lagi, tapi kamu gak kuasa buat ngontrol nafsu belanjamu.

(3) Karena bokek itu masalah kontrol diri yang kurang.
  • Kenapa mesti ada yang bokek, sementara orang dengan penghasilan yang sama hidupnya fine-fine saja kok. Karena yang lain itu cukup waras untuk menggunakan penghasilannya. Artinya kalo dia gak mampu beli dia gak memaksain diri. Dia menurunkan standarnya, kalo perlu gengsinya agar sesuai dengan kemampuan finansialnya, agar gak menderita nantinya. 
  • Memang sih keliatan enak petantang petenteng dengan barang bermerk, bayar pake kartu kredit, hidup glamour kayak selebritis. Tapi setelah itu? Tagihan mulai datang, isi kantong menipis dan harus ngutang lagi? Gaya hidup yang begini ini namanya gali lobang tutup lobang, kalo gak ada lagi yang bisa buat nutup tinggal kamu yang gali lobang buat tutup kuburan dengan badanmu sendiri.
  • Gak mampu ngontrol diri pasti ujungnya stres. Dan stres kalo gak ditangani bisa gila atau bisa mati menderita. Apa itu yang kamu mau?

Well.. mulai sekarang, kontrol uangmu, kontrol pengeluaranmu dengan mengontrol keinginanmu. Bedakan sesuatu yang kamu butuhin dan yang kamu inginin. Karena sesuatu yang kamu inginin belum tentu kamu butuhin. Kalo semua kebutuhanmu sudah terpenuhi dan pengen sedikit ngasi bonus buat diri, bolehlah..tapi jangan kebablasan...!!! Ntar percuma deh..!
Kontrollah diri dari sekarang, gak nunggu besok atau lusa. Karena kalo nunggu bisa saja semua sudah terlambat !

Good luck guys !

No comments:

Post a Comment