Wednesday 13 April 2016

Mengapa Masalah Tak Berhenti Mendera Kita?

Masalah adalah pernak pernik kehidupan.

Tak perlu menangis jika hidup anda disapa oleh masalah. Karena hanya orang hiduplah yang didatangi oleh masalah. Banyak orang yang sudah bebas dari masalah kehidupan tapi mereka semua terbaring di kompleks pemakaman. Ya.. mereka semua sudah mati. 

Masalah adalah pernak-pernik kehidupan yang datang menghiasi perjalanan hidup kita. Yang namanya pernak-pernik adalah barang-barang yang ukurannya kecil yang tujuannya untuk menghias atau mempercantik. Begitu juga dengan masalah. Mereka hanyalah aksesori kehidupan, yang ukurannya kecil dan datang untuk mewarnai indahnya hidup ini.


Kok masalah dibilang kecil?

Bukannya masalah sering meluluhlantakkan sendi kehidupan kita? Banyak orang yang tak tahan menghadapi masalah dan memilih mengakhiri hidupnya? Ya betul, mereka adalah orang yang kalah oleh masalah. 
Masalah itu kecil saja dibanding semua nikmat pemberian Tuhan yang diberikan pada kita dalam jumlah banyak. Oksigen yang kita hirup itu gratis, panca indera yang kita punya itu luar biasa, otak yang merupakan super komputer itu hebat. Belum lagi rumah untuk tempat tinggal, makanan yang selalu cukup, kendaraan yang mengantar kemanapun kita mau. Semua itu karunia yang tidak pernah kita sadari melengkapkan hidup kita. Hanya karena masalah yang secuil datang lalu kita lupakan semua karunia itu?

Tidak lulus ujian, orang kesayangan meninggal, bisnis merugi sampai akhirnya bangkrut, tubuh cacat karena kecelakaan, itu semua hanya hal kecil, yang mewarnai keseluruhan hidup kita. Kitalah yang membuat ukuran masalah yang tadinya kecil menjadi besar. Kitalah yang membesar-besarkan masalah, karena kita terlalu fokus pada masalahnya ketimbang solusinya. Akhirnya yang ada di pikiran kita hanyalah masalah dan masalah yang tak berkesudahan.


Apa kata Quotes?



SOMETIMES IN LIFE
Kadang-kadang dalam hidup

YOUR SITUATION WILL KEEP REPEATING ITSELF
Masalah akan terus datang berulang

UNTIL YOU LEARN YOUR LESSON
sampai anda belajar darinya

Masalah terus datang bukan tanpa sebab.

Mengapa masalah terus mendatangi kita?

(1) Karena kita yang mengundangnya.
  • Kitalah yang mengundang masalah datang. Sikap, tingkah laku, harapan kita yang membuatnya datang. Mengapa kita tak lulus ujian? Karena kita tak belajar dan tak mempersiapkan diri dengan baik menghadapinya. Mengapa usaha kita bangkrut? Karena kita salah mengurusnya, salah mempekerjaan orang, salah memilih mitra usaha. Mengapa kita sampai kecelakaan yang menimbulkan cacat fisik? Karena kita tak hati-hati saat berkendara, tidak menggunakan seatbelt, menelpon saat mengemudi, mengemudi dengan kecapatan tinggi.
  • Lihat.. kita sendirilah yang mengundang datangnya masalah. Tingkah laku kitalah yang sering mengundang masalah datang dalam hidup. Itu sebabnya masalah terus datang, karena kita yang mempersilakannya. Jika ingin mengurangi masalah perbaiki sikap dan tingkah laku.

(2) Karena reaksi kita yang salah terhadap masalah.
  • Kita terlalu membesar-besarkannya sehingga kita memperlakukan persoalan sebagai suatu masalah berat yang membuat hidup tak nyaman. Kita terus berpikir akan masalah itu dan meratapinya. Seolah kita adalah mahluk paling malang sedunia.
  • Kita terlalu fokus pada masalahnya, bukan pada solusinya. Kita terlalu fokus pada nasib malang yang menimpa kita dengan adanya masalah tersebut. Bukannya fokus pada solusi, bagaimana caranya agar masalah ini terselesaikan dengan baik dan tak datang lagi. 
  • Kalau kita terus fokus pada masalah maka kita akan cenderung membesar-besarkannya sampai kita gila dan bunuh diri karenanya.

3) Karena Tuhan ingin kita belajar sesuatu.
  • Masalah terus datang silih berganti, tandanya Tuhan ingin kita belajar sesuatu dari masalah-masalah itu. Tuhan tahu bahwa kita jauh lebih kuat dari masalah yang mendera. Yakin dan percayalah bahwa Tuhan tak akan membebani kita diluar dari kesanggupan kita menanggungnya. Dia-lah yang menciptakan kita. Dia tahu betul sampai dimana kemampuan kita.
  • Jika Dia menganggap kita belum cukup belajar, maka akan diberiNya terus masalah sampai kita belajar darinya. Bisa jadi masalah akan membuat kita lebih kuat, lebih tegar, lebih hati-hati dan tahan banting.
  • Kita kemudian bisa berterima kasih dengan datangnya masalah. Jika tak dikhianati oleh orang terkasih kita tak akan pernah belajar betapa pentingnya kepercayaan dan kesetiaan. Jika tak pernah gagal kita tak pernah bisa menghargai arti kesuksesan. 
Jadi.. jangan pernah putus asa apalagi kalah oleh masalah. Karena selalu ada hikmah dan pembelajaran dari setiap persoalan yang menghampiri kita.

Salam...

No comments:

Post a Comment