Friday 20 May 2016

Mengapa Kita Kudu Dengerin Mereka Yang Marah?

Ngapain dengerin orang marah?


Mungkin ini yang ada di kepala kamu. Ngapain mesti dengerin orang yang marah-marah. Buang-buang energi dan bisa membahayakan nyawa. Kalo ada yang marah kan mending ngacir cari selamat, bukan begitu?

Kalo kamu yang jadi penyebab kemarahan seseorang ya.. kamu kudu denger dong. Misalnya ortu lagi marah-marah karena kelakuan kamu udah lewat batas kesabaran mereka (kalo masih dalam batas kan gak marah to?), apa kamu langsung ngacir begitu saja? Gak kan, ntar kamu terdakwa jadi anak durhaka dan berakibat pada pemotongan uang jajan dan pengurangan fasilitas. 
Dimana-mana kalo ortu lagi marah, anak-anak kudu denger, kalo perlu pasrah dan gak boleh ngelakuin pembelaan diri apalagi nyari pengacara. Kecuali kalo ortu yang minta kamu ngomong, ngejelasin semua kelakuan kamu yang bikin mereka murka. Itupun kamu harus ngomong baek-baek dan sedapat mungkin menghindari mereka tambah marah. Cari alasan yang jujur tapi gak bikin kesal :).

Tapi dengerin orang marah kan gak enak, bikin nyesek dan bisa ikut membangkitkan kemarahan kamu juga. Kalo dua-duanya udah marah pasti jadinya berantem dan gak akan ada solusi. Tapi kalo gak didengerin kamu jadi gak sopan dan gak tau persis apa yang bikin mereka marah.


Apa Kata Quotes?



LISTEN TO PEOPLE WHEN THEY ARE ANGRY,
Dengerin baik-baik ketika orang lagi marah

BECAUSE THAT IS WHEN THE REAL TRUTH COMES OUT
Karena saat itulah dia jadi jujur, kebenaran akan terungkap, apa yang sesungguhnya dia rasakan bakal keluar



Kenapa saat marah orang jadi jujur?


(1) Karena kekesalannya udah memuncak.
  • Ibarat orang eneg kan lama-lama muntah tuh. Orang yang udah marah artinya kesabarannya sudah habis, dia udah sangat kesal, dan apa yang ada di dalam dadanya bakal keluar dan mengalir begitu saja, bahkan tanpa dia sadari. Deretan kesalahan dan dakwaan bakal mengalir begitu saja tanpa bisa disetop.
  • Kekesalan yang udah memuncak perlu pelampiasan. Marah adalah cara tercepat untuk melontarkan kekesalan. Rasa kesal itulah yang diungkapkan dengan jujur, karena itulah yang memang dirasakannya.

(2) Orang marah itu setengah sadar.
  • Bener, orang marah itu sebenarnya setengah sadar. Dia gak dikuasai oleh akal sehatnya tapi oleh emosi dan perasaannya. Itu sebabnya orang marah bisa punya tenaga yang luar biasa. Ibu saya kalo lagi marah bisa kuat ngangkat lemari yang dalam kondisi normal gak bisa diangkatnya.
  • Karena perasaan yang ngedorong dia marah, maka apa saja yang dirasakannya pasti dikeluarin, biar dia merasa enakan, biar orang-orang yang ada di sekitarnya tahu kenapa dia marah. Paling jelas sih ditujukan pada biang/sumber kemarahannya. Biar dia tahu kalo kelakuannya sudah gak bisa ditolerir lagi.

(3) Karena bohong gak ada gunanya.
  • Orang marah karena pengen didengar perasaannya. Kalo pengen di dengar ya mesti jujur kan? jadi bohong gak akan jadi pilihan orang yang marah, kecuali kalo dia marahnya dibuat-buat alias acting. 
  • Kalo ada yang jatuh cinta sama kamu, tapi kamu begitu begonya gak nyadar.. dengrin dia marah bisa saja itu cara dia ngungkapin perasaannya, yang dalam kondisi normal gak bisa dia ungkapin. Orang marah kan urat malunya udah putus. 

KESIMPULAN

  • Jadi kudu santai dengerin mereka yang lagi marah, karena saat itulah kebenaran akan keluar, karena saat itulah dia pengen di dengar, karena saat itulah karakter dia yang asli akan keliatan.
  • Kalo kamu penasaran tentang karakter seseorang, buat dia marah. Karena saat marah, akan terungkap siapa sebenarnya dia.
  • Jadi kalo ada orang marah, kudu disimak dan didengerin baik-baik, siapa tau dengan dengerin dia marah hatinya bakal plong dan lega. Uneg-unegnya yang tadi ditahan-tahan bisa dikeluarin, siapa tau ada nama kamu diantara uneg-uneg itu, sehingga kamu bisa tau apa yang dia rasain tentangmu.
Ada yang lagi marah di dekatmu, kudu didengar tapi jangan ikutan emosi ya?

Salam...

No comments:

Post a Comment