Thursday 26 May 2016

Percaya Diri Itu Gampang !

Percaya diri itu penting !


Siapa yang mau percaya pada kita jika kita sendiri tidak percaya pada diri sendiri? Ini pertanyaan krusial yang perlu dipikirkan oleh semua orang yang bermasalah dengan rasa percaya diri.  Tidak ada orang yang mau memberikan suatu pekerjaan untuk kita karena tak percaya dengan kemampuan kita menyelesaikannya. Seseorang tak mengenal kita secara pribadi, butuh waktu untuk mempercayai kemampuan kita. Tapi seorang yang percaya diri akan meyakinkan orang lain akan kemampuannya. Karena dia tahu apapun tugas yang diberikan padanya pasti dapat diselesaikannya dengan baik. Kalau tidak, dia akan mencari cara atau mencari bantuan pada orang lain yang bisa menyelesaikannya. Intinya bahwa tugas itu terselesaikan dan tanggung jawabnya selesai.

Banyak orang yang bermasalah dengan rasa percaya diri. Tak berani melangkah, tak berani berbuat sesuatu, tak berani tampil, bukan karena dia tidak mampu tapi karena ada sesuatu dalam otaknya yang menghalanginya. Ketakutan yang tak beralasan, atapun kalau ada alasannya, alasan itu dibuat-buat oleh dirinya sendiri dengan prasangka yang melemahkan kemampuannya. Orang yang tak percaya diri selalu melihat hal-hal negatif didepannya, akhirnya dia jadi takut buat melangkah. 

Apa kata Quotes?


CONFIDENCE IS NOT THEY WILL LIKE ME
Percaya diri bukan mereka akan menyukai saya

BUT I'LL BE FINE IF THEY DON'T
Tapi saya akan baik-baik saja jika mereka tidak menyukai saya


Semua orang ingin dan butuh disukai.


Ingin disukai itu kebutuhan paling atas yang dimiliki oleh semua manusia. Buktinya kita semua haus pujian. Kalau ada yang memuji hati kita terasa berbunga-bunga, melayang dan bahagia. Kalau ada yang mengkritik hati seolah hancur berkeping-keping dan semua yang kita lakukan jadi tak bermakna.

Pujian adalah bukti bahwa kita disukai, sementara kritik adalah bukti kalau kita tak disukai. Setidaknya itu yang kita pikirkan. Padahal bisa saja kritik itu dilontarkan oleh mereka yang menyukai kita dan ingin melihat kita lebih baik. Tapi kita memandangnya secara berbeda.

Sebelum tampil di panggung, kita latihan, mempersiapkan diri dengan baik dengan harapan bahwa aksi panggung kita akan disukai. Kalau itu berupa perlombaan kita berharap para juri menyukai dan kita bisa keluar sebagai pemenang.

Semua orang sangat takut tidak disukai orang lain. Apa saja dilakukan untuk menjadi orang yang disukai. Karena orang yang disukai itu mudah dapat teman, populer dan bisa diterima di mana-mana. Sebenarnya tak ada yang salah dengan hal ini. Tapi kenyataannya ada juga yang tak suka sama kita. Dan kita tak bisa memaksakan orang lain untuk suka jika mereka tak mau. Itu hak asasi bukan?

Pernah dengar yang namanya haters? Fakta-fakta tentang haters bisa dibaca di sini. Mereka ini adalah orang yang gak suka dengan kita dan apapun yang kita lakukan pasti salah dan menuai kritik oleh mereka. Silakan baca kembali tulisan ini kita pasti kalah kalo berhadapan dengan orang lain.

Kalo para haters ini didengerin...ya, sakitnya tuh disini. Membiarkan mereka juga kok kayaknya gak pantas banget. Meladeni mereka bisa bikin permusuhan dan bisa jadi masalah tambah melebar. Jadi.. cuek aja kali..!!

Apa hubungannya sama percaya diri?


Berhubungan banget! Karena seperti kata quotes di atas.. percaya diri itu bukan berharap orang lain bakal suka sama kita, tapi kalo mereka gak suka sama kita, kita akan baik-baik saja.

Mengerahkan kemampuan untuk tampil baik, sempurna, tanpa cacat itu bagus, tapi rasa suka adalah pilihan masing-masing orang yang ada di luar kendali kita. Kita gak bisa meremote pikiran orang agar suka sama kita. Yang bisa kita kendalikan adalah diri kita sendiri. 

Jadi mereka boleh tidak suka, tapi kita takkan berhenti untuk melakukan yang terbaik. Bukan untuk mereka, bukan untuk dipuji, diakui atau disukai orang lain, tapi untuk diri kita sendiri. Keyakinan bahwa kita mampu melakukan yang terbaik, tanpa tergantung kata orang, itulah percaya diri yang sesungguhnya.

Jadi percaya diri itu sebenarnya gampang dan simpel. Kita aja yang bikin susah dan rumit. Percaya bahwa kita mampu melakukan yang terbaik, kita buktikan dengan melakukan yang terbaik, menghasilkan yang terbaik. Kalo berhasil dan dipuji gak perlu sombong, kalo pun gagal dan dikritik tak perlu sedih. Karena yang terpenting kita sudah berusaha dan itu pengalaman yang paling berharga. Tak ada kata gagal bagi mereka yang pede, karena semua adalah proses belajar.

Salam pede...

No comments:

Post a Comment