Friday 15 July 2016

Gak Usah Debat Dengan Orang Bodoh

Mengapa mesti ada debat?


Debat biasanya dilakukan oleh dua orang yang memiliki pendapat berbeda dalam memandang suatu hal. Karena kalo pendapatnya sama gak ada lagi yang perlu diperdebatkan, wong sudah sepakat kok. Debat yang paling sering ditonton orang adalah debat Calon Pemimpin, entah itu presiden, gubernur atau bupati bahkan tingkat kepala desa sekalipun.. di mana mereka saling berdebat program dan berusaha memberi kesan baik pada audiens yang nantinya akan memilihnya.

Biasanya yang percaya diri untuk menjadi pemimpin setidaknya dia pintar, karena sudah bisa menghitung untung rugi jika dirinya mengajukan diri jadi pimpinan. Berdebat dengan orang pintar mungkin gak terlalu melelahkan. Namanya juga pintar, dia gak perlu terlalu lama untuk diyakinkan, jadi ya.. hemat energi lah.. 

Debat sebenarnya bagus untuk menguji sejauh mana seseorang bisa menyampaikan pendapatnya, mendengarkan dan menghargai pendapat orang lain meskipun sangat bertolak belakang dengannya. Tapi kalo debat sudah mengarah pada debat kusir, di mana masing-masing merasa benar dan berusaha saling menjatuhkan lawan..ini udah debat yang gak sehat.






Apa Kata Quotes?


NEVER ARGUE WITH STUPID PEOPLE
Jangan pernah debat sama orang bodoh

THEY WILL DRAG YOU DOWN TO THEIR LEVEL
Mereka akan menarikmu ke levelnya

AND THEN BEAT YOU WITH EXPERIENCE
dan mengalahkan kamu dengan pengalamannya.


Debat berkualitas tergantung pada lawan debatnya.


Mau debat yang bermutu? Pilih lawan debat yang setara, setidaknya wawasan dan pengetahuannya sama, jadi debatnya nyambung. Jangan milih lawan debat yang otaknya di bawah standar, karena pasti korslet..!! Kamu ngomong kemana dia nyambungnya ke mana...

Orang bodoh gak pernah mau dibilang bodoh. Dirinya gak bisa terima kenyataan dikatain bodoh, goblok, bego. Karena itu mereka ini pengen ngebuktiin kalo dirinya gak lah sebodoh yang dikira. Dia nantang kamu debat. Kalo kamu cukup cerdas kamu pasti gak ngeladenin tantangannya. Bukan karena takut kalah tapi karena sia-sia saja. Baca : Cara paling ampuh ngadepin mereka yang bego plus nyebelin.


Orang bodoh gak mau kalah, dia selalu pengen menang. Dan mereka akan ngelakuin apa aja asal bisa menang debat melawan kamu, meski itu mesti curang dan kasar. Yang paling penting adalah tujuannya tercapai, "menang debat." Jadi kalah bukan pilihannya. Karena itu dia gak akan pernah berhenti berdebat sampe kamu mengakui kalo dialah pemenangnya. Menang adalah salah satu caranya minta diakui kalo dia gak bodoh tapi pintar, buktinya bisa ngalahin kamu. Jadi percuma saja ngomong sama mereka ini. Ngomong aja udah salah bagaimana kalo debat? 

Orang pintar paham bahwa dalam debat bukan kalah menang yang jadi tujuannya, tapi adu pendapat untuk disandingkan.  Jadi bukan pendapat siapa yang paling benar, tapi bagaimana menemukan pendapat yang cocok dan bermanfaat untuk kepentingan orang banyak, mungkin perpaduan antara pendapatmu dan pendapat lawan debatmu. Tujuannya bukan kemenangan orangnya tapi sejauhmana isi debatnya memberi sumbangan positif bagi orang banyak.

Orang bodoh gak begitu. Demi memastikan kamu menarik prasangka kalo dia bodoh, kamu harus mengeluarkan pengakuan kalo dirinya gak sebodoh yang dikira orang. Caranya mendapatkan pengakuan itu, dia harus mengalahkan kamu. Pengakuan adalah sesuatu yang penting baginya, itulah sebabnya isi debatnya gak perlu bermutu, yang penting dia menang. Dia akan terus menyerang kamu dan menarikmu ke levelnya (level orang bego) sampe kamu ikutan bego dan akhirnya kamu kalah..karena dia udah pengalaman banget di level itu..

So...kalo ada orang yang nantangin kamu debat, apalagi kamu tahu cara berpikirnya "beda banget" lebih cenderung bego dan pemarah, mending kabur aja..!! Bukan karena kamu takut tapi karena kamu waras..

Salam...

No comments:

Post a Comment