Friday 12 August 2016

Jangan Pernah Mengkritik Aku Sebelum Ngecek Dirimu !

Tukang kritik ada di mana-mana


Gak suka dikritik? Sama.. gue juga..!!
Tapi di dunia ini kita saling memperhatikan istilah kerennya sih saling kepo, apa yang dilakukan orang lain, apa yang dibelinya, siapa yang datang bersamanya, bagaimana dia bisa dapat pacar seganteng Aliando, kenapa dia suka makan pete, di mana dia beli tas branded (ah..jangan-jangan palsu ato dapat nyewa lagi!!). Kasi keluar semua kata tanya, apa, siapa, mengapa, bagaimana, dimana.. Ya...kita selalu pengen tau urusan orang dan kita menilai satu sama lain..

Kayaknya memang asik kalo kita mengomentari kehidupan orang lain. Liat berita guru dipukul orang tua murid, kita ikut bersimpati dan mengutuk orang tua yang kasar itu. Liat harga-harga pada naik tak terkendali kita mengutuk Presiden Jokowi sebagai orang yang gak becus. Kita liat artis ditangkap karena prostitusi online kita mencemoh mereka sebagai artis matre yang kegatelan....Liat Jessica Wongso disidang kita ikut-ikutan menghujatnya karena tega membunuh teman. 
Padahal kita gak pernah tau cerita apa di balik semua itu, apa yang mereka lalui. Kenapa ortu mukul guru, emang ada orang yang mau berkelahi? Emang mudah jadi presiden sebuah negara besar dengan jumlah penduduk nomor 4 di dunia, sehingga kita enak saja menilai Jokowi gak becus? Artis yang jual diri pasti punya alasan melakukannya, yang gak pernah kita tau. Jessica Wongso, betulkan dia pembunuh Mirna, mengapa kta begitu kejam menuduh sementara pengadilan belum menjatuhkan vonis dan membuktikan dia pembunuhnya. Apa motif Jessica membunuh mantan teman kuliahnya..?? Kita gak pernah tau, kita cuma dapat info dari media dan belum tentu info itu juga benar...

Semua orang dikritik, semua orang gak sempurna, semua orang keliatan cacat di mata kita. Begitu juga diri kita. Orang lain pun menilai dan mengkritik kita karena mereka mampu, bisa dan suka melakukannya. Meski gak suka kritik dan penilaian dari orang tapi itulah kenyataan..(meski pahit mesti ditelan)


Apa Kata Quotes?


BEFORE YOU JUDGE ME
Sebelum kamu menilaiku

MAKE SURE YOU'RE PERFECT!
Pastikan dulu dirimu sempurna

Pastikan dirimu sempurna!


Kalimat ini adalah cemohan bagi si tukang kritik, kepoist dan jago menilai kekurangan orang lain. Matanya terlalu jeli melihat kesalahan dan cacat orang lain sementara dia gak ngaca akan kekurangannya. Dia yakin kalo orang lain begitu rendah, begitu gak berharga, begitu gak becus..dan kalimat negatif lainnya. 

Mengapa ada yang suka menilai kita?
Karena dia tahu kalo dirinya gak sempurna, dirinya punya banyak cacat dan kekurangan dan dia senang sekali jika mengetahui bahwa orang lain juga sama gak sempurnanya dengan dirinya. 
Katakanlah si A punya wajah menawan. Tapi kelebihan itu gak memuaskannya karena masih banyak yang lebih menawan darinya, katakanlah si B. Karena itu kekurangan Si B harus dicarikan biar semua orang tahu dibalik keelokan wajahnya yang dikagumi banyak orang ternyata  dia punya banyak kekurangan.

Semua orang pengen unggul dan pengen menjadi nomor satu. Banyak yang mendapatkannya lewat usaha dan kerja keras, namun ada juga yang mendapatkannya dengan menjegal kepala orang lain. Padahal untuk menang gak perlu mengalahkan orang lain, cukup menangkan hatinya.  

Tapi banyak orang yang gak tulus menerima kelebihan orang lain, karena itu kritik akan selalu ada dari mereka yang merasa kalah dan merasa menjadi orang nomor dua. Jadi terimalah kritik sebagai bagian dari hidup. Haters akan tetap ada selama dunia ini eksis. Tapi bisakah kita mengatakan haters, silakan membenci, EGP! Tukang kritik pasti akan ada karena mereka inilah yang membuat hidup kita jadi berwarna. Yang paling penting bagaimana menyikapi kritik agar jangan menguasai hidup kita. Apalagi jika kritikan itu gak benar... Jangan pernah membuat si tukang kritik mengontrol hidup kita. Kita adalah apa yang kita pikirkan dan kita akan menjadi manusia baik dan bermanfaat, meski tindakan kita membuahkan kritik yang gak sedap bagi mereka yang gak suka dengan kesuksesan orang lain.

Mengapa orang lain menilaimu? Karena kamu punya sesuatu untuk dinilai, karena kamu menonjol dan kamu jadi ancaman buat mereka. Harusnya kamu bangga dong! Jadi buatlah dirimu nyaman dengan kritik.. Suka ato gak suka mereka akan terus ada.

Salam...

No comments:

Post a Comment