Friday 12 August 2016

Kamu Tak Perlu Mengalahkan Orang Lain

Hidup ini bukan untuk kalah dan menang.


Pernah dengar seseorang berkata bahwa dia terlahir sebagai seorang pemenang..?? Kedengarannya gimana gitu..dia punya semangat 45 buat meraih impiannya, meraih tujuannya dan dia gak mau menyerah oleh apapun. Kalo ada yang menghalanginya dia gak segan-segan menyingkirkan penghalang itu. Kalo ada yang ikut bersaing bersamanya dia bertekad untuk mengalahkan lawan-lawannya. Gak ada kata kalah dalam kamusnya. Jika dia gagal dia akan mengutuk dirinya sendiri, bisa hancur dan bisa bangkit kembali dengan usaha yang dua kali lebih keras...

Kalah memang menyakitkan tapi itu bagian dari hidup. Kemenangan yang diperoleh setelah serangkaian kekalahan itu terasa lebih nikmat. Punya jiwa kompetisi itu bagus, tapi memfokuskan diri pada persaingan membuat hidup penuh tekanan. Karena kita ingin selalu menang. Kita selalu berusaha menjadi nomor satu, yang diunggulkan, yang dielu-elukan. Untuk mencapai hal itu kadang kita menggunakan berbagai macam cara. Jika perlu menyingkirkan lawan pun akan kita tempuh yang penting bisa menang.. Jika kalah kita menjadi sangat hancur. Kita terus mengasah kemampuan, mencari trik yang lebih jitu mengalahkan lawan. Tiada hari tanpa usaha untuk menang..

Tapi, my friend.. hidup ini bukanlah semata-mata kalah dan menang saja. Coba perhatikan alam sekeliling kita begitu banyak keindahan yang bisa kita nikmati. Kicauan burung, hangatnya mentari, gemericik air sungai, sejuknya udara pegunungan. Coba kitarkan pandangan kamu, banyak orang lain yang gak seberuntung kamu di luar sana. Ada yang miskin dan belum tentu punya uang untuk membeli makanan. Ada yang tubuhnya cacat dan gak sempurna. Ada yang sedang terbaring sakit karena dilumpuhkan penyakit. Ada yang sedang meringkuk di penjara dan terkekang kebebasannya. 

Ya.. hidup bukanlah kompetisi dan persaingan semata tapi juga kepedulian dan empati kepada sesama..


Apa Kata Quotes?


WHEN YOU MOVE YOUR FOCUS 
Saat kamu mengalihkan fokusmu

FROM COMPETITION TO CONTRIBUTION,
dari persaingan ke membagikan

LIFE BECOMES A CELEBRATION 
hidup menjadi perayaan

NEVER TRY TO DEFEAT PEOPLE
Jangan pernah mencoba mengalahkan orang lain

JUST WIN THEIR HEARTS..
cobalah menangkan hatinya


Hidup ini intinya membagikan


Apa yang dibagikan? Sebagian milik kita entah itu harta, ilmu, kesempatan, pengalaman dan kasih sayang, sesuatu yang dibagikan bukannya berkurang tapi malah bertambah. Ada bonus perasaan berguna dan bahagia pula. Jika kamu terus hanya fokus untuk menang, kamu jadi egois karena hanya memikirkan dirimu sendiri. Jiwamu jadi kering kerontang, laksana gurun pasir tandus. 

Jika kita menang dan jadi pemenang, kita merayakannya sendiri dan membuat kita semakin angkuh. Perayaan kepura-puraan dari orang di sekitar kita. Apalagi jika kemenangan itu diperoleh dengan menginjak-nginjak kepala orang lain. Kita boleh tertawa sementara ada orang lain yang menangis dan luka hatinya.

Hidup menjadi perayaan yang sebenarnya, saat kita bisa berbagi dengan orang lain. Yang kita beri bahagia sementara kita pun ikut bahagia karena membuat orang lain bahagia. Semuanya menang....gak ada yang kalah..

Kebahagiaan diperoleh bukan dengan mengalahkan, bukan dengan merendahkan, bukan dengan mengintimidasi yang membuat orang lain terluka, tapi lewat memenangkan hati orang lain. Jika kita berhasil memenangkan hati orang lain maka dia akan menjadi loyal dan setia.. 
Bagaimana memenangkan hati orang lain? Berikan apa yang menjadi kebutuhannya. Tak mesti berupa uang dan materi. Jika dia butuh kasih sayang, berikan. Jika dia butuh didengarkan, gunakan telingamu untuk mendengar curhatnya, jika dia butuh ilmu dan pengen belajar, berikan padanya, jangan pelit.

Mengalahkan memang membuat jumawa, membuat bangga, tapi membuat orang lain bersekutu untuk membuat kita jatuh..membuat kita punya banyak musuh, karena banyak yang menginginkan posisi nomor satu sementara pemenangnya hanya bisa satu..

Berbagi memang keliatannya gak berkelas, datang menyebar sumbangan, membagikan buku, makanan atau membantu membangun penampungan air bersih untuk masyarakat miskin. Tapi kita menciptakan sekutu yang akan terus mendukung dan mendoakan kita. Pilih mana???

Jadi gak perlu mengalahkan orang lain.. cukup MENANGKAN HATINYA..

Salam...

No comments:

Post a Comment