Thursday 24 November 2016

Bijak dan Kuasailah Seni Bercakap Dengan Orang

Mulutmu harimaumu !


Pernah dengar pepatah ini. Pepatah yang menganjurkan kita untuk berhati-hati dengan kata-kata. Memang kata terdengar sepele, tapi sekali terucap dan kedengaran oleh telinga orang lain gak bisa ditarik lagi. Sekali kata terucap maka sudah bukan milik kita lagi tapi jadi milik umum.

Kata-kata yang kita ucapkan bisa bermanfaat bagi diri kita dan orang lain tapi bisa juga menjadi bencana. Berapa banyak orang yang dieksekusi mati dipenjara, di bunuh, dilukai hanya karena kata-kata yang kebetulan keliru. Jadi hati-hati dengan kata-kata. Karena kata seperti pedang bermata dua. Bisa bermanfaat bisa membuat celaka tergantung pada si pemilik pedang eh.. si empunya kata.


Apa kata quotes?


THE REAL ART OF CONVERSATION 
(Sejatinya, seni berbicara itu)

IS NOT ONLY TO SAY THE RIGHT THING 
(bukan hanya berkata hal yang benar)

AT THE RIGHT PLACE
(pada waktu dan tempat yang tepat)

BUT LEAVE UNSAID THE WRONG THING
(tapi juga mencegah keluarnya kata-kata yang keliru)

AT THE TEMPTING MOMENT
(pada saat terpancing ingin mengatakannya)


Kuasai seni bercakap dengan orang


Siapapun yang menguasai seni bercakap dan berbicara dengan orang lain, dialah yang akan menguasai dunia. Karena kekuasaan itu intinya memperebutkan pengaruh. Orang bisa berpengaruh karena berhasil mempengaruhi orang lain lewat kata-katanya. Jadi kata-kata adalah power, kata-kata adalah kekuatan. Jika kekuatan itu digunakan dengan benar akan memberi manfaat. Jika kekuatan digunakan secara salah, akan jadi bencana.

Mengapa perang bisa terjadi, karena para pemimpin menggunakan kata-katanya untuk menyerang negara lain. Ketamakan dan nafsu ingin menguasai para pemimpin dijabarkan dalam bentuk perintah yang diikuti oleh anak buah..

Kata-kata adalah power, jadi harus diperlakukan secara bijaksana. Bukan hanya bijaksana memilih kata yang akan diucapkan, hanya kata yang benar dan bermanfaat saja tapi juga bijaksana menahan diri untuk tidak mengucapkan kata yang tak benar apalagi tak bermanfaat meskipun bisa melakukannya.

Gosip, tuduhan tak benar, cerita burung, kabar bohong, fitnah bisa muncul karena banyak orang yang tak bisa menahan diri untuk menciptakan dan menyebarkan informasi yang keliru. Jika semua orang menahan diri untuk tidak mengucap kata yang tak benar dan tak bermanfaat maka dunia ini akan terjaga dan jadi lebih baik...

Salam...

No comments:

Post a Comment