Friday 4 November 2016

Jangan Suka Cari Alasan..

Alasan itu penghalang


Kita seringkali terhalang buat ngelakuin sesuatu yang udah direncanain. Kita juga kadang ogah ngelakuin sesuatu yang mesti dilakukan. Apalagi kalo sesuatu itu di suruh orang, keknya gak banget deh. 
Besok ujian, udah rencana buat belajar sih tapi di TV lagi ada acara kesayangan dan sayang buat dilewatkan, ah belajarnya ntar aja, kan acara di TV cuma 2 jam. Eh ternyata nontonnya keterusan dan belajar tinggal rencana aja. 
Besok ujian dan harusnya kita belajar dong biar bisa ngejawab soal ujian tapi kok temen ngajak ngumpul, hang out bareng, kalo gak ikutan ntar dibilang sombong, kesian teman-teman udah meluangkan waktu buat ngumpul, belum lagi gak kebagian makanan gratis.. Akhirnya kita dateng sambil bawa buku sama laptop, maksudnya biar bisa sambil belajar, ternyata kita malah asikan ngobrol ngalur ngidur dan belajar hanya tinggal kenangan.

Supaya bisa membenarkan tindakan kita, nah mulai deh kita ngarang alasan.. Gak lulus ujian sih bukannya gue goblok, cuma kurang beruntung aja saat ngejawab soalnya. Gimana mo beruntung, wong gak belajar...





Apa kata quotes?


EXCUSES WILL ALWAYS BE THERE FOR YOU
(Alasan pasti selalu tersedia untukmu)

OPPORTUNITY WON'T
(Tapi kesempatan tidak)


Kesempatan gak datang dua kali


Pernah dengar kalimat ini? Ya.. kesempatan datang menghampiri kita, menyapa kita dengan mesra dan nyata-nyata peluang untuk meraihnya terbuka lebar tapi kita melewatkannya dengan 1001 alasan pembenaran.
Ya.. kita gak dapetin kesempatan itu, bukan karena kita gak layak, gak pantas, tapi karena kita dipenuhi omong kosong yang kita sebut sebagai alasan.

Ada kesempatan buat dapetin beasiswa ke luar negeri. Kita sih pengen, asik kayaknya kalo bisa sekolah di luar negeri. Dapat ilmu, dapat pengalaman dapat suasana baru yang beda dengan negara asal. Tapi...(mulai deh buat alasan) persyaratannya berat banget. TOEFL gak nyampe..gak bisa nulis proposal dalam bahasa Inggris, mana saingannya berat-berat, belum lagi alasan ortu yang gak ngijinin kita tinggal jauh dari rumah, takut kita kenapa-napa di negeri orang, takut kita ikutan terpengaruh budaya negara itu. Ah gak usah daftar deh ntar kecewa kalo gak di terima. Akhirnya kesempatan untuk dapetin beasiswa kita lewatkan.

Mengapa justru alasan yang menuh-menuhin kepala kita? Kalo mo nyari alasan untuk gak melakukan sesuatu kita bisa ngarang segudang. Tapi apa untungnya buat kita? TOEFL bisa dikejar skornya, lewat kursus, latihan yang intens, gak berenti kalo skor minimalnya gak dapet. Nulis proposal bisa dipelajari, cari senior yang udah pernah lolos beasiswa itu dan minta diajarin. Saingan pasti ada, tapi kalo kita mempersiapkan diri dengan baik, kita bisa bersaing kok. Ortu dijadiin alasan? Kan punya mulut buat ngomong, diskusi dan bicara baik-baik ama mereka. Khawatir memang tugas orang tua, tapi kalo kita bisa yakinin semuanya akan baik-baik aja, masa' ortu gak ngijinin sih? Ortu pasti pengen selalu yang terbaik buat anak-anaknya..

Kita melewatkan sebuah kesempatan yang belum tentu datang lagi, itu namanya menciptakan kesialan, ketidak berutungan untuk diri sendiri. Gak daftar itu pilihan. Mendaftar juga pilihan? Kenapa kok yang dipikirin negatifnya, bagaimana kalo gak lulus. Coba pikir positifnya kalo lulus bagaimana? Ya..siap mendaftar, harusnya siap diterima dong ! Kalo pun gagal minimal kita udah dapat pengalaman kan? 

So..stop kreatif yang memundurkan. Kreatif mengarang alasan gak bikin kita maju, gak bakal buat kita sukses. Bikin alasan yang positif, yang memotivasi kita buat maju. Kesempatan terbentang luas di depan mata, tapi kesempatan itu gak selalu ada. Kalo gak dicaplok segera, maka orang lain yang akan memilikinya. Kita masih ragu-ragu, termangu-mangu, menimbang sana sini, sampe kesempatannya menguap dan pergi...

Lebih baik gagal setelah mencoba daripada gak mencoba sama sekali. Hidup ini hanya sekali, jangan dihancurkan dengan ribuan alasan yang membenarkan kita jadi pihak yang kalah, jadi pecundang, jadi orang gagal.. Karena alasan itu yang jadi pembenaran atas kekalahan, kegagalan dan kepecundangan kita. Emang mau jadi pecundang sampe mati?

Setiap orang diciptain Tuhan pasti punya maksud. Masa' kita diciptain hanya buat bayar tagihan trus mati? Tinggal kita yang mencari peran apa yang memang disediakan Tuhan untuk kita lakoni. Jalannya pasti selalu ada, masalahnya kita berani melewatinya ato tidak. Ato nyari alasan lagi buat menghindarinya..??

Kesialan dan kegagalan kita yang ciptakan. Kesuksesan dan kemenangan juga sama. Tinggal kita memilih mau meciptakan yang mana dalam hidup kita? Kerjanya sama kerasnya. Gagal itu bikin emosional, menang juga sama emosionalnya. Pilih yang mana? Tentukan sekarang...!!

Salam..

No comments:

Post a Comment