Wednesday 23 November 2016

Kamu Gak Akan Selalu Menang

Menang itu perjuangan.


Kamu boleh tanya pada mereka yang ikut lomba kalo menang itu gak mudah. Butuh perjuangan, butuh kerja keras, butuh latihan yang terus menerus dan butuh semangat pantang menyerah. 

Setelah semua kerja keras itu pun harus menerima kenyataan apakah menang atau kalah. Semua peserta lomba pasti ingin menang tapi dalam sebuah kompetisi hanya satu orang yang akan keluar sebagai pemenang. Hanya mereka yang memiliki kualitas terbaiklah yang akan menang, sementara yang lain harus gigit jari menerima kekalahan.



Apa kata quotes?


YOU DON'T ALWAYS WIN YOUR BATTLES
(Kamu tak akan selalu memenangi pertempuran)

BUT IT'S GOOD TO KNOW YOU FOUGHT
(Tapi sugguh melegakan karena kamu telah berjuang untuk itu)


Menang itu bukan tujuan


Orang seringkali salah mengartikan tujuan dari sebuah kompetisi, pertempuran, pertandingan yaitu untuk menang. Sehingga mereka menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan itu. Gak sedikit atlet yang tersandung kasus doping di pertandingan olahraga. Banyak orang yang menyogok panitia ataupun juri hanya untuk memenangkan dirinya..

Jika menang menjadi tujuan utama maka proses menjadi gak penting. Padahal tujuan sebuah kompetisi bukan menangnya tapi proses meraih kemenangan itu. Untuk apa menang jika lewat cara-cara yang ilegal. Kemenangan itu pengakuan atas kemampuan diri. Bukan hanya dari orang lain tapi dari diri sendiri. 
Jika kita melakukan hal ilegal untuk memenangkan sebuah kompetisi itu bukti bahwa kita gak percaya kemampuan diri untuk menang. Kalaupun menang hasilnya gak bisa memuaskan kita. Karena kita tau belum tentu kita pantas mendapatkannya..

Berkompetisi itu sehat, berjuang membuktikan diri lebih baik dari orang lain itu perlu. Peluangnya untuk menang sama besar dengan yang lain, begitu juga dengan peluang untuk kalah.
Tapi yang paling penting dari setiap kompetisi, pertandingan ataupun lomba adalah kepercayaan diri bahwa kita bisa menang dan sedang mengusahakan hal itu. Jika akhirnya kita kalah, kenyataan itu harus diterima sebagai bagian dari perjuangan. 

Dalam setiap kompetisi dan pertempuran kita memang gak selalu menang. Kita juga sering kalah. Tapi yang paling penting bukan menang kalahnya tapi kenyataan kalo kita telah berusaha, telah melawan dan telah berjuang sampai kekalahan menghentikan langkah kita. Itu yang penting..

Kita bisa menang itu bagus, tapi kalo pun kalah, kita kalah terhormat. Kalah bukan berarti kita pecundang dan kurang bagus tapi nasib sedang gak berpihak pada kita dan lawan ternyata memiliki performa yang jauh lebih bagus dari kita. Adalah satu kehormatan mendapatkan lawan yang tangguh. Dan kekalahan membuat kita sadar untuk memperbaiki performa diri agar bisa kembali dan memenangkan kompetisi.. Kesempatan akan selalu terbuka, jadi kita harus terus berbenah dan mempersiapkan diri menghadapi kompetisi selanjutnya.

Salam..

No comments:

Post a Comment