Thursday 29 December 2016

3 Bahan Baku Kehidupan yang Baik

Hidup yang baik, cita-cita semua orang


Mau punya kehidupan yang baik dan membahagiakan? Mulailah dari diri. kehidupan yang baik dimulai dari memperbaiki diri terlebih dahulu. Karena kitalah yang akan menciptakan kehidupan yang baik itu, bukan orang lain. Jadi perbaikannya harus dimulai dari diri.

Introspeksi diri. 
Buat catatan apa yang harus diperbaiki, apa yang harus dirubah dan apa yang harus dipertahankan. Memang sih gak mudah menilai diri sendiri. Tapi gak ada yang lebih jujur menilai kita selain diri kita sendiri. Jika ingin menghasilkan hidup yang baik, kudu berusaha jadi orang baik dulu, itu mutlak !



Apa kata quotes?


THERE ARE 3 INGREDIENTS IN GOOD LIFE
(Ada 3 bahan baku kehidupan yang baik)

LEARNING
(Belajar)

EARNING
(berpenghasilan)

AND YEARNING
(dan diinginkan)



Bahan Baku Kehidupan yang baik


Sebelum menghasilkan masakan yang bercita rasa tinggi, pasti butuh persiapan, teknik mengolah yang mumpuni serta bahan baku yang berkualitas tinggi. Jika semua itu dipadukan dengan keterampilan memasak chefnya maka jadilah makanan yang gak hanya bercita rasa tinggi tapi berkualitas juga bagi tubuh.

Begitu juga dengan kehidupan yang baik. Butuh bahan baku yang siap diolah agar bisa diramu menghasilkan kehidupan yang berkualitas dan bahagia, apa saja itu ?

(1) LEARNING (belajar).
  • Hidup harus terus belajar, gak boleh stuck terhenti hanya di bangku sekolah saja. Karena belajar itu bisa di mana saja dan kapan saja. Dengan belajar hal-hal baru kita bisa bikin hidup lebih "hidup", lebih berwarna, lebih beraneka dan lebih terinspirasi.
  • Apa saja bisa dipelajari, apapun yang menarik perhatian, apa saja yang disukai, apa saja yang menantang, apa yang sedari dulu ingin kita lakukan bahkan apa yang selalu takut untuk kita lakukan. Belajar membuat otak terus bekerja. Berhenti membuat otak bekerja dijamin cepet pikun, sumpah !!
  • Belajar adalah salah satu bahan baku kehidupan yang baik, karena belajar bikin kita hidup lebih bersemangat  !!

(2) EARNING (berpenghasilan)
  • Duit memang gak bikin bahagia tapi gak bisa hidup nyaman juga kalo gak punya duit. Jadi salah satu bahan baku untuk hidup yang baik adalah memiliki penghasilan yang bisa menopang semua kebutuhannya, bisa membayar tagihannya, bisa membeli obat saat sakit, bisa membeli makan saat lapar.
  • Di sini yang ditekankan adalah memiliki penghasilan bukan jumlahnya. Besar atau sedikit itu relatif, tergantung kebutuhan masing-masing orang. Penghasilan besar gak menjamin bahagia, penghasilan sedikit pun gak jadi jaminan kesengsaraan. 
  • Milikilah sesuatu yang menghasilkan uang. Entah itu bekerja atau berbisnis. Karena punya penghasilan pasti menjamin ketenangan hidup. Tinggal bijak saja membelanjakan penghasilan itu.

(2) YEARNING (diinginkan)
  • Kita hidup butuh disukai, dicintai dan diinginkan orang lain. Diinginkan adalah salah satu bahan baku kehidupan yang baik. Mengetahui dan menyadari kalo ada orang yang peduli dan sayang sama kita itu melegakan dan membahagiakan. Hidup kita jadi ada artinya, ada maknanya.
  • Ada orang yang menginginkan kita bukankah itu membahagiakan? Ada orang yang menyayangi kita bukankah itu melegakan? Mengetahui ada orang yang bisa menerima kekurangan kita itu menyenangkan, bukan?
  • Diinginkan, dicintai, disukai adalah bahan baku hidup yang baik. Memiliki keluarga dan banyak teman itu asik, tempat berbagi dan melakukan aktivitas bersama. Bayangkan kalo kita hidup banyak yang benci, banyak yang musuhi dan gak diinginkan oleh siapapun? Menderita dalam kesepian bukan? 
Itulah 3 bahan baku hidup bahagia. Belajar, berpenghasilan dan diinginkan oleh orang lain.. 

Salam..

No comments:

Post a Comment