Thursday 22 December 2016

Bukan Masa Depan Yang Harus Dicemaskan..

Masa depan itu sangat misterius


Masih suka mencemaskan masa depan? Ada apa rupanya dengan masa depan kok semua orang malah merisaukannya? Padahal masa depan itu sesuatu yang misterius, alias orang gak tau pasti apa yang terjadi di masa depan. Prediksi sih boleh tapi belum tentu kejadian beneran.. Kalo sesuatu masih gak pasti kok malah dirisaukan? Bukankah itu buang energi dan buang waktu saja.

Waktu yang demikian berharga bagusnya dipake buat ngerjain hal-hal yang bermanfaat, pikiran diisi dengan hal-hal yang positif serta energi dipake buat ngembangin diri..




Apa kata quotes?


IT'S NOT THE FUTURE THAT YOU AFRAID OF
(Bukan masa depan yang perlu kamu takutkan)

IT'S REPEATING THE PAST THAT MAKES YOU ANXIOUS
(Tapi mengulang masa lalu yang bikin kamu cemas)



Masa depan VS Masa lalu


Kalo quotes di atas fokusnya bahwa orang sebenarnya gak mencemaskan masa depan, karena masa depan itu belum jelas. Tapi orang mencemaskan pengulangan kesalahan di masa lalu.

Masa depan memang belum pasti bentuknya. Tapi gambaran masa depan bisa kita bentuk mulai dari sekarang. Contohnya, pengen jadi dokter. Ya, emang sih belum tentu kejadian tuh cita-cita bakal tercapai. Tapi kan kudu usaha. Karena cita-cita itu butuh ikhtiar, bukan sihir, bukan sulap yang langsung tiba-tiba sim sala bim jadi deh !! Mulai dari sekolah yang bener, di sekolah menengah masuk IPA, belajar yang keras agar bisa lulus kuliah di fakultas kedokteran, berusaha bertahan dengan segala tetek bengek kuliah dan praktikum yang bejubel, tabah sampai diwisuda jadi Sarjana Kedokteran, udah gitu magang di rumah sakit, kalo semuanya lancar, kamu bakalan disumpah dan dilantik jadi dokter. Udah gitu gak sah kalo kamu gak ngobatin orang sakit, ya..buka klinik ato kerja di klinik. Kelihatannya aja simpel tapi sebenarnya enggak hehehe...

Apa hubungannya dengan pengulangan kesalahan?
Semua orang udah sepakat kalo sukses itu dibangun dari banyak kegagalan dan air mata. Kegagalan terjadi karena adanya kesalahan. Entah itu salah perhitungan, salah mengambil langkah, salah memilih. Pokoknya ada unsur kesalahan di situ. Kesalahan itu mempengaruhi hasil yang ingin dicapai. Bagi orang yang berpikir positif kegagalan gak bakal menghentikan langkahnya. Tapi bagi mereka yang udah langganan gagal, gak semudah itu memantik semangatnya. Tetap saja bayangan kesalahan di masa lalu mengganggu pikirannya.

Semua orang ingin sukses dan berhasil, itu pasti. Semua orang pernah melakukan kesalahan, itu juga pasti. Kesalahan yang kita perbuat bakal tersimpan dengan baik di kepala. Tujuannya agar kita belajar dari kesalahan itu, bukan untuk mencemaskannya. Memangnya kalo kita cemas, kesalahan itu bakal gak terjadi? Justru kalo kita cemas, kita jadi fokus pada kesalahan itu sebagai sebuah kesalahan dan bukan pelajaran. Jadinya kita malah jadi salah beneran. Kita mengulang kesalahan di masa lalu justru saat kita takut mengulanginya. 

Biarkan saja otak kita bekerja. Kesalahan itu lumrah. Yang paling penting bagaimana meminimalisir kesalahan itu agar gak mengganggu misi dan tujuan kita. Yang penting juga jangan biarkan kecemasan akan melakukan kesalahan melumpuhkan kreativitas kita. 

Gak perlu mencemaskan masa depan. Bentuklah masa depanmu dengan melakukan yang terbaik di masa sekarang. Kesalahan itu wajar, perbaiki dan ambil pelajaran dari situ...

Salam..

No comments:

Post a Comment