Monday 19 December 2016

Cantik Itu Dimulai Dari Diri

Cantik itu sebenarnya mudah.


Bener, cantik itu mudah, kita udah pernah ngebahasnya di sini. Cuma kita aja yang suka bikin rumit pengertian cantik itu dengan mengaitkannya dengan fisik, make up, dandanan dan fashion. Padahal cantik itu sangat luas dan gak terkait dengan fisik saja tapi banyak aspek. Pernah dengar yang namanya cantik hati? Orang yang baik hati biasanya memiliki kecantikan hati yang terpancar dari sikap dan tingkah lakunya..

Cantik adalah sesuatu yang menarik, enak dilihat dan mempesona. Ini adalah kosa kata yang menggambarkan pujian pada diri seseorang. Siapapun senang dibilang cantik. Karena itu semua orang berusaha agar tampak cantik di mata orang lain. Tapi seringkali yang kita utamakan adalah cantik lahiriah, cantik fisik, sehingga batiniahnya terlupakan. Akhirnya semua pada fokus dengan tampilan, casing luarnya saja. Pantas make up, perawatan kecantikan dan fashion laku keras. Karena orang sangat peduli dengan penampakan lahiriahnya. Akhirnya banyak orang yang menilai seseorang juga lewat tampilan luarnya saja..





Apa kata quotes?


BEAUTY BEGINS 
(Kecantikan dimulai)

THE MOMENT YOU DECIDE
(Saat kamu memutuskan)

TO BE YOURSELF
(Menjadi diri sendiri)


Kau cantik hari ini...


Kalo gak salah ada lagu yang judulnya seprti itu.. kau cantik hari ini dan aku suka.. Cantik di sini bisa diartikan cantik lahiriah dan juga bisa cantik batiniah.. Mengapa kecantikan itu nampak kalo kita jadi diri sendiri? 
Karena kecantikan itu terpancar dari kejujuran dan apa adanya diri kita. Gak ada kepura-puraan, gak ada topeng yang kita pasang di wajah. Bibir berhias senyum tapi hatinya dongkol, jengkel dan marah, ini adalah kepura-puraan dan orang lain akan merasakannya.. Senyum jadi terlihat terpaksa dan penuh kepalsuan. Senyum palsu dipandang dari sudut manapun pasti jelek..

Senyum yang tulus akan keluar dari hati yang bersih, jauh dari prasangka dan apa adanya. Hati yang bersih hanya akan bisa diperoleh jika kita mencintai diri sendiri. Tak pernah merasa sedih atas hinaan, cacian, kritikan dan makian orang lain. Juga tak pernah mabuk oleh pujian dan sanjungan. Karena dia tahu dirinya jauh lebih baik dari semua itu. Hinaan gak menyurutkannya buat terus berkarya. Pujian gak bikin dia lupa diri untuk terus berpijak di bumi..

Wajah cantik hanya bisa diperoleh saat kita memutuskan untuk jujur. Tampil seperti halnya yang kita inginkan bukan hanya karena ikut-ikutan trend, mencoba menjadi orang lain atau nurut apa kata orang. Orang lain boleh gak suka dengan tampilan itu, orang lain boleh ngatain apa aja, itu adalah hak mereka. Haknya untuk berprasangka, haknya untuk menilai dan haknya untuk terus menyimpan rasa negatif dalam dada. Kita gak perlu sedih berhadapan dengan orang-orang seperti ini. Mereka sebenarnya gak jahat hanya hidupnya penuh dengan kekecewaan sehingga dia mencari bahagia dengan merendahkan orang lain, yang justru semakin menjauhkannya dari rasa bahagia,

Begitu juga dengan mereka yang doyan bermanis muka, memuji berlebihan karena didasari oleh kepentingan tertentu. Kasian mereka ini. Dia memperlakukan dirinya seperti berdagang.. Melakukan sesuatu demi mendapatkan sesuatu.. Jika hasilnya gak sesuai harapan dia jadi kecewa dan merasa rugi melakukan kebaikan..

Mereka inilah yang tersiksa hidupnya. Tersiksa dengan prasangka dan terkungkung oleh harapan mendapatkan keuntungan.. Dia memperlakukan dirinya seperti halnya dia memandang orang lain. Meskipun wajahnya secara fisik menawan, tubuh aduhai, tapi kelakuannya minus pasti cantiknya gak sempurna. Tapi jika ada orang yang wajahnya biasa-biasa aja, tapi tampil dengan jujur, menghargai orang lain serta hati full kebaikan, tulus dan apa adanya, jauh lebih cantik dan lebih menarik hati.. Tak ada prasangka, karena dirinya pun tak pernah berprasangka.. 

Cantik itu dimulai dari diri, dari rasa jujur untuk jadi diri sendiri. 

Salam..

No comments:

Post a Comment