Thursday 22 December 2016

Hal Yang Paling Nyakitin Saat Dibohongin.

Bohong itu gak mudah.


Ah masa sih? Kamu mungkin gak percaya.  Buktinya banyak orang yang dengan mudahnya berkata dusta. Banyak orang yang tampil palsu, lain dibibir lain di hati, bukan? Saking mudahnya berbohong maka semua orang melakukannya seolah bohong itu bukan dosa. 

Padahal berbohong itu sebenarnya gak mudah.  Butuh keberanian, butuh rencana serta taktik yang matang juga butuh energi yang besar. Bohong butuh keberanian karena pada dasarnya orang tahu kalo bohong itu salah, bohong itu dosa dan nantinya bakal dapat masalah kalo kebohongannya terbongkar. Dia harus siap menerima konsekuensi itu. Bohong butuh rencana dan taktik yang matang agar orang lain gak tau kalo dia lagi bohong dan apa yang harus dilakukan untuk menutupi kebohongan itu. Semuanya harus dipikirkan matang-matang sehingga butuh energi besar untuk mempertahankan kebohongan itu. Harus fokus pada cerita kebohongan itu dan bukan cerita lainnya. Biasanya satu kebohongan akan ditutupi dengan kebohongan lainnya.

Lalu bagaimana dengan pihak yang dibohongi?






Apa kata quotes?


THE WORST THING BEING LIED TO
(Hal paling nyakitin saat dibohongin)

IS KNOWING YOU WEREN'T WORTH THE TRUTH
(adalah kamu ngerasa gak cukup berharga untuk sebuah kejujuran)


Dibohongi itu gak enak.


Siapa yang suka dibohongi? Meskipun orang seringkali berkata bohong demi kebaikan tetap saja dibohongi itu gak enak. Kenapa orang mesti berbohong jika bisa berkata jujur? Apakah karena kejujuran itu begitu menyakitkan? Meskipun menyakitkan setidaknya kita mendengar hal yang sebenarnya, bukan hal yang dipoles agar terdengar indah.

Dibohongi itu nyakitin. Karena orang lain ngerasa kita gak pantas untuk mendapatkan kejujuran darinya. Apa yang salah dengan kita? Apakah kita demikian gak berharga sehingga untuk kejujuran kita gak pantas mendapatkannya? Apa susahnya jujur? Apa susahnya berkata benar? Bukankah kita dianjurkan untuk selalu jujur? Bukankah kejujuran hal yang mulia? Mengapa orang lain lebih memilih melakukan hal yang salah daripada hal yang benar?

Dibohongi itu gak adil. Kenapa cuma kita yang diminta untuk selalu jujur sementara orang lain boleh bohong sama kita? Apa bedanya kita dengan mereka?  Itulah yang dirasakan oleh mereka yang jadi korban kebohongan.

Pembohong mungkin dengan mudahnya mengucapkan kata-kata dusta. Tapi bagi mereka yang mendengar dustanya itu nyakitin. Mereka berhak mendapatkan kejujuran, kok malah dusta yang diberi? 

Orang bohong alasannya beragam. Ada yang untuk menutupi kesalahan, ada yang ingin kelihatan bagus di mata orang juga ada yang memang doyan bohong, kalo sehari aja gak bohong keknya beda.  Apapun alasannya bohongin orang itu gak bagus. Yang dibohongin pun pasti kesal luar biasa. Sekali bohong susah lho dapat kepercayaan orang lagi...

Jadi sebaiknya mikir sebelum bohong. Berpikirlah dari sudut pandang orang yang dibohongi. Kalo kamu yang jadi korban kebohongan enak, gak?

Salam....

No comments:

Post a Comment