Thursday 9 February 2017

Mau Mengubah Dunia ? Lakukan Ini !

Mengubah dunia itu mudah.


Ah masa sih?
Lalu kenapa hanya segelintir manusia yang mampu melakukannya? Bukannya itu mudah?? Karena hanya segelintir manusia itu yang meyakini bahwa mengubah dunia itu mungkin. Karena yakin bahwa itu mungkin, mulailah dia mencari formula dan cara yang tepat untuk melakukannya. Begitu terus sampai dia bisa mengubah dunia dengan caranya..

Mengapa kita mesti mengubah dunia?
Agar dunia bisa menjadi tempat hidup yang lebih baik, lebih indah, lebih damai, lebih tenteram bagi semua umat manusia. Lihat saja apa yang terjadi sekarang, dunia menjadi tempat yang gak nyaman untuk ditinggali. Banyak polusi, banyak kekejaman, perang, kalaparan, korupsi, pemerintahan yang salah urus, penindasan, kudeta, keberpihakan pada yang kaya dan kuat. Akibatnya ketidak adilan merajalela, keserakahan jadi tujuan serta mau melakukan apa saja demi kepentingannya meski harus mengorbankan orang banyak !

Karena itu kita harus berbuat sesuatu. Jangan membiarkan kerusakan terus terjadi sebelum kita berusaha untuk memperbaikinya. Masih ada kesempatan dan masih ada harapan.


Apa kata quotes?


THE WORLD IS CHANGED
(Dunia dapat dirubah)

BY YOUR EXAMPLE
(lewat keteladanan)

NOT BY YOUR OPINION
(bukan hanya lewat perang pendapat)

Keteladanan


Inilah kata kuncinya, menjadi teladan, menjadi contoh, menjadi pelopor kebaikan. Bukan sekedar hanya perang opini, bukan sekedar melontarkan pendapat atau ide-ide brillian tanpa eksekusi.

Keteladanan adalah melakukan sesuatu yang bermanfaat, yang bisa menginspirasi orang lain untuk mengikuti, untuk melakukan hal yang sama. Lakukan sesuatu dengan ikhlas, untuk berpartisipasi dalam kebaikan, untuk memberi manfaat pada sesama. Lupakan dulu semua pengakuan, pujian, ketenaran, kekaguman orang lain. Itu bonus yang otomatis kita dapatkan jika berhasil melakukan sesuatu yang baik dan menjadi teladan.

Dunia bisa dirubah dengan keteladanan, karena jika satu orang melakukan perbuatan baik dan itu berhasil menginspirasi yang lainnya untuk melakukan hal yang sama dan diikuti orang lain di semua belahan dunia, percayalah bahwa dunia akan berubah menjadi tempat yang lebih baik. Karena semua orang di seluruh belahan dunia berpartisipasi melakukan hal yang baik. 

Gak ada lagi kekejaman, tiran, kelaparan, perang yang menghabiskan banyak biaya dan mengorbankan banyak nyawa. Yang ada hanya semangat untuk berbuat kebaikan dan menebarkannya bak virus baik yang menjangkiti semua sendi kehidupan umat manusia. 

Itulah perlunya media sosial, bukan hanya mempublikasikan foto-foto selfie dan kehidupan pribadi tapi juga alangkah baiknya memposting perbuatan baik yang sekiranya bisa menginspirasi orang lain melakukan hal yang sama. Misalnya jadi sukarelawan / volunteer mendidik anak-anak jalanan, menyediakan sekolah darurat / ruang baca bagi anak di perumahan kumuh yang jauh dari akses pendidikan, menyediakan sarana air bersih sederhana bagi masyarakat di pulau yang susah mendapatkan air bersih. Memang itu sebenarnya tugas pemerintah, tapi jika mereka belum melakukannya karena keterbatasan anggaran atau memang gak ada niat baik, haruskah kita tinggal diam tanpa melakukan sesuatu? 

Atau gak usah jauh-jauh dan ribetlah, mulailah semangat kebaikan dari diri sendiri. Misalnya buanglah sampah pada tempatnya, jangan suka seenaknya, kalo lihat sampah, pungut dan buang di tempatnya. Ajarin anak-anak kita buat melakukan yang sama. Jika kita bisa melakukannya mengapa musti nunggu diperintah, diatur atau malah didenda untuk melakukannya???

Menanam mangrove bersama masyarakat lokal

Mangrovenya tumbuh subur dan menjadi pelindung pantai
Salam...

No comments:

Post a Comment